Sabtu, 24 Mei 2008

JURANG PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

Oleh: Ika umaya yasinta (1102406008)


Pendidikan luar sekolah baik sebagai complement,suplement, maupun sebagai replacementpendidikan formal dapat melakukan banyak hal dalam menutupi jurang yang terjadi antara kebutuhan dan kenyataan tersebut.

Berbagai jurang yang timbul di masyarakat akibat tidak terjadinya keseimbangan yaitu:

1. Jurang lapangan kerja.
a. Perambahan lapangan kerja yang tidak seimbang dengan pertambahan angkatan kerja .
b.Tidak sesuainya pengetahuan dan keterampilan antara tenaga kerja dan lapangan kerja
yang tersedia.
c. Ledakan penduduk yang mengakibatkan angkatan kerja semakin membengkak .
d.Terjadinya kepadatan penduduk yang tidak merata.


2. Jurang efficiensi .
Yaitu jurang yang kegiatan pendidikan yang tidak efisien yang menimbulkan kerugian
ekonomi dan pemborosan.

3.Jurang penawaran dan permintaan .
Kebutuhan akan eyanan pendidikan telah sedemikian meluasnya baik pada negarberkembang maupun negara terbelakang sehingga menimbulkan jurang antarapermintaan dan penawaran.

4.Jurang pertambahan penduduk dengan biaya hidup.
Pendidikan luar sekolah dapat memainkan peranannya dalam komponen kependudukan
sebagai berikut
-Explosion .
-Implosion.
-Diversification.
-Change'

5.Jurang penghasilan .
Pada situasi seperti ini pendidikan luar sekolah dapat berperan untuk menolong
mengembangkan keterampilan tenaga kerja dengan cara:
a. Didaerah pedesaan yang mempunyai banyak tenaga kerja dapat diberikan latihan-
latihan keterampilan sesuai yang diperlukan dari tempat kerja
b.Di sektor perkotaan akibat tekanan dari pengaruh industri , maka perlu diberikan
latihan -latihan kepada mereka tanpa mengganggu penghasilannya.

6. Jurang pemerataan.
Pendidikan luar sekolah merupakan merupakan salah satu atrnative dalam usaha utuk
menciptakan pemerataan pendidikan ,dengan jalan meyajikan program -program
pendidikan yang fleksibeldan berdasarkan kebutuhan masyarakat .

7. Jurang penyesuaian .
Pendidikan luar sekolah cenderung untuk beraneka ragam dan untuk mempunyai sponsor dari berbagai jawatan isntaansi yaitu lebih cenderung bersifat penyesuaian dan pembaharuan perubahan.

8. Jurang penilaian .
Jurang ini karena ini karena kesukaran dalam penilaian keterampilan individu terhadap
lapangan .

9. Jurang pengharapan.
Pendidika luar sekolah dapat menolong mengurangi jurang ini melalui masyarakat kaya
dengan melalui latihan sistematik /latiha,sedangkan masyarakat miskin dengan suatu
keterampilan yang mudah melalui kegunaan afektif pendidikan.

Tidak ada komentar: