TUJUAN TKPLS
oleh Maghfiroh
1102406015
1102406015
TKPLS adalah singkatan dari Teknologi Komunikasi pendidikan Luar Sekolah yang dalam pelaksanaannya disiarkan melalui stasiun pemancar maka kegiatan percobaan ini disebut dengan siaran radio TKPLS, yang bertujuan:
1. Membantu usaha pemerintah dalam pendidikan masyarakat yang bertujuan meningkatkan mitu pendidikan dengan "menghasilkan bahan-bahan belajar dalam bentuk paket-paket, rekaman suara (pita reel dan kaset suara) untuk digunakan secara massal melalui siaran radio atau denga tape recorder yang diputar langsung dikelompok belajar serta memberikan program-program untuk pemutaran dan pengayaan paket A"
2. Mendorong dan menunjang kegaitan pendidikan luar sekolah dengan bentuk "memberikan program-program motivasi untuk mendorong dan menggygah hati warga masyarakat agar mau dan gemar belajar dan memperluas benuk pelajaran pendidikan luar sekolah melalui media komunikasi"
3. Menghasilkan pola penyajian pendidikan luar sekolah melalui media pendidikan guna mengusahakan suatu sistem layanan pendidikan luar sekolah
pada kegiatan belajar ini diharapkan adanya perubahan sikap dan perilaku sasaran didik (warga belajar) yang sesuai dengan pembangunan bangsa untuk meningkatkan kualitas hidupnya baik secara fisik maupun non fisik.
Sasaran dan Organisasi Pengelolaannya
pembinaan TKPLS melalui siaran radio ini ditujukan kepada :
1. Sasarn didik; sasarn didik (warga belajar) dari kegiatan ini terutama mereka yang dengan alasan apapun menjadi lupa dan buta huruf baik yang disebabkan karena putus sekolah dasar atau karena tidak pernah menikmati pendidikan formal, serta bagi warga masyarakat yang memerlukan peningkatan pengetahuan dan kecakapan dasar untuk memperbaiki taraf hidupnya, terutama bagi para pemuda dan orang dewasa
2. Sasaran daerah; sasaran daerah pembinaan TKPLS dilaksanakan didaerah-daerah yang:
terdapat kesatuan bahasa, yang maksudnya bahwa daerah tersebut mempunyai kesaman daerah dan warga belajarnya mampu menggunakan bahasa Indonesia
adanya dukunghan dari pemerintah daerah
3. Terdapatnya stasiun pemancar baik RRI, RPD, atay radio swasta niaga, yang dapat digunakan untuk penyiaran bahan-bahan belajar yang telah diproduksi baik didaerah maupun dari pusat
tersedianya tenaga pembina kelompok belajar dan penilik pendidikan masyarakat untuk memkperlancar pemanfaatan program
4. Terdapatnya kelompok-kelompok belajar yang akan memanfaatkan bahan pelajaran yang telah diproduksi
1. Membantu usaha pemerintah dalam pendidikan masyarakat yang bertujuan meningkatkan mitu pendidikan dengan "menghasilkan bahan-bahan belajar dalam bentuk paket-paket, rekaman suara (pita reel dan kaset suara) untuk digunakan secara massal melalui siaran radio atau denga tape recorder yang diputar langsung dikelompok belajar serta memberikan program-program untuk pemutaran dan pengayaan paket A"
2. Mendorong dan menunjang kegaitan pendidikan luar sekolah dengan bentuk "memberikan program-program motivasi untuk mendorong dan menggygah hati warga masyarakat agar mau dan gemar belajar dan memperluas benuk pelajaran pendidikan luar sekolah melalui media komunikasi"
3. Menghasilkan pola penyajian pendidikan luar sekolah melalui media pendidikan guna mengusahakan suatu sistem layanan pendidikan luar sekolah
pada kegiatan belajar ini diharapkan adanya perubahan sikap dan perilaku sasaran didik (warga belajar) yang sesuai dengan pembangunan bangsa untuk meningkatkan kualitas hidupnya baik secara fisik maupun non fisik.
Sasaran dan Organisasi Pengelolaannya
pembinaan TKPLS melalui siaran radio ini ditujukan kepada :
1. Sasarn didik; sasarn didik (warga belajar) dari kegiatan ini terutama mereka yang dengan alasan apapun menjadi lupa dan buta huruf baik yang disebabkan karena putus sekolah dasar atau karena tidak pernah menikmati pendidikan formal, serta bagi warga masyarakat yang memerlukan peningkatan pengetahuan dan kecakapan dasar untuk memperbaiki taraf hidupnya, terutama bagi para pemuda dan orang dewasa
2. Sasaran daerah; sasaran daerah pembinaan TKPLS dilaksanakan didaerah-daerah yang:
terdapat kesatuan bahasa, yang maksudnya bahwa daerah tersebut mempunyai kesaman daerah dan warga belajarnya mampu menggunakan bahasa Indonesia
adanya dukunghan dari pemerintah daerah
3. Terdapatnya stasiun pemancar baik RRI, RPD, atay radio swasta niaga, yang dapat digunakan untuk penyiaran bahan-bahan belajar yang telah diproduksi baik didaerah maupun dari pusat
tersedianya tenaga pembina kelompok belajar dan penilik pendidikan masyarakat untuk memkperlancar pemanfaatan program
4. Terdapatnya kelompok-kelompok belajar yang akan memanfaatkan bahan pelajaran yang telah diproduksi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar