Jumat, 30 Mei 2008

MATERI SIARAN RADIO TKPLS

oleh Maghfiroh
1102406015

Materi siaran radio TKPLS ini adalah berisikan informasi pendidikan dan pengetahuan keterampilan serta pembentukan sikap mental yang diperlukan, meliputi bidang ipoleksosbudhankam, untuk membantu membina dan membentuk manusia Indonesia seutuhnya berdasarkan falsafah pancasila. berarti materi pelajarannya melipouti antara lain: (a) ajaran keaagamaan/kerohanian atas dasar kepercayaan kepadaa Tuhan Yang Maha Esa, (b) kehidupan do dalam keluarga dan masyarakat, (c) hak dan kewajiban sebagai warga dan mesyarakat, (d) pembinaan keluarga sejahtera; nata pencaharian, (e) keaksaraan, (f) kesehatan masyarakat, (g) lain-lain yang diperlukan oleh warga belajar.

Dari berbagai materi pelajaran tersebut Tim Pembantu Pelaksanan TKPLS menyusun kurikulum siaran dengan melibatkan: (1) staf bidang pembinaan masyarakat, (2) staf bidang pembinaan generasi muda dan olah raga, (3) seorang ahli pendidikan luar sekolah dari perguruan tinggi setempat. kurikulum siaran ini disusun setahun sekali. terdiri dari 50 program siaran dan dijabarkan ke dalam format yang meliputi:
1. bidang kegiatan (misalnya bidang kegiatan pertanian, kesehatan, PKK dan lain-lain)
2. seri program (misalnya bidang kegiatan kesehatan dengan seri program penyakit menular)
3. pokok bahasan (misalnya muntaber atau malaria)
4. tujuan di sini m,emuat aspek-aspek yang akan dicapai
5. judul denga rumusan yang menarik (misalnya penyakit muntaber yang berbahaya)
6. sumber bahan penulisan (sumber buku)

Materi pendidikan yang disajikan kepada warga belajar meliputi: (a) pengetahuan dasar (membaca, menulis, berhitung, dan bahasa Indonesia), (b) keterampilan kerja, (c) nilai-nilai moral yang terkandung dalam pancasila, (d) faktor-faktor lain yang berhubungan dengan kehidupan warga desa meliputi kesehatan, perbaikan lingkungan, pertanian, partisipasi pembangunan, dan (e) lain-lain yang pelaksanaanya disesuaikan dengan keadaan daerah masing-masing.

Tidak ada komentar: